Entri Populer

Kamis, 28 Juni 2012


Dinamika Fisika di Khotbah Jum’at

            Adzan kedua pada ibadah Jum’at telah dikumandangkan artinya, umat muslim harus bergegas ke masjid untuk menunaikan ibadah solat Jumat, rasanya aku baru saja datang dari kuliah tanpa mandi dan cuci muka langsung berangkat ke masjid agar tidak terlalu tertinggal dalam jum’atan. Aku datang dengan memakai sarung warna cokelat dan baju kokoh berwarna hijau gelap dan songkok hitam legam, amatnya tidak cocok karena dikejar waktu untuk segera berangkat. Aku langsung duduk dan berusaha menenangkan diri dan mendengar khotbah yang telah disampaikan.
            Khotib menyampaikan dengan sangat pelan karena beliau sudah tua, dalam khotbahnya disampaikan bahwa beliau bercerita mengenai "neraka". Salah satunya betapa dahsayat dan luasnya neraka di akhirat, bulu leherku berdiri 900 hingga aku ngeri sampai – sampai syaraf sinapsisku tidak mampu bersalaman. Surat Al Hijr (44)
“Neraka mempunyai tujuh pintu, untuk masing-masing pintu di huni (sekelompok pendosa yang ditentukan)”
Diriwayatkan dalam Anwar Nu'maniyah dan Biharul Anwar bahwa ketika Jibril turun membawa ayat di atas tadi, Nabi saw memintanya untuk menjelaskan kondisi neraka. Jibril menjawab: "Wahai Nabi Allah, sesungguhnya di dalam neraka ada tujuh pintu, jarak antara masing-masing pintu sejauh tujuh puluh tahun, dan setiap pintu lebih panas dari pintu yang lain. Pintu ini untuk umatmu yang angkuh, yang mati tanpa menyesali dosa-dosa mereka. Nabi Muhammad SAW. yang  mendengar langsung mengangkat kepalanya dan sedih hingga pingsan. Sungguh Jibril telah menyebabkan kesusahanku dua kali lipat. Hingga cerita selesai ………
Akhirnya aku pulang dengan membawa penasaran, kira – kira berapa kilometer jarak antar tujuh pintu mulai dari neraka Hawiyah ke neraka Jahim dan jarak seluruh pintu di neraka, mulai dari Hawiyah hingga ke neraka Wai. pastinya Subhanallah……..,
Aku umpamakan batu yang dilempar dari dari neraka Hawiyah ke neraka Jahim dengan lama waktu 70 tahun di dunia baru sampai. Aku misalkan kecepatannya sama dengan di dunia dengan kecepatan tetap 70 km/ jam, maka panjangnya???
Pemecahan Penasaran
1 tahun                        = 365 hari
1 hari                           = 24 jam
24 jam × 365 hari        = 8.760 jam/ tahun
70 tahun                      = 8.760 jam/ tahun × 70
                                    = 613.200 jam
Aku masukkan saja rumus sederhananya:       s = v × t
                   s =       v                      ×          t
                          = 70 km/ jam             ×          613.200 jam
                          = 42.924.000 km atau 26.671.737,05 mil
Jadi jarak antar pintu neraka Hawiyah ke neraka Jahim adalah 42.924.000 km
            Sedangkan jarak pintu mulai neraka Hawiyah ke neraka Wail adalah:
            =                    ×          jarak antar pintu
            =          7                      ×          42.924.000 km
            =          300.468.000 km atau 186.702.159,3 mil

            Maha besar Allah dengan segala ciptaannya, akhirnya rasa penasarankru terjawab dengan hitungan metode Dinamika Fisika. Betapa teramat jauhnya jarak antar neraka apabila di kurs dengan kilometer/ mil. Tidak bisa dibayangkan selama jarak tersebut batu yang dilempar hanya melayang – layang dengan hempitan panas yang mencapai 70 kali panasnya api di dunia. Semoga kita tidak seperti batu dan tidak pernah merasakan yang saya umpamakan di atas yang dilempar di antar pintu neraka yang mencapai puluhan juta kilometer. Aku yakin bagi apa yang aku hitung tidak benar 100%, semoga ada yang mengoreksi gus dan ning yang ada di kedai cogito rego sum! Wallahu ‘alam bishowaab …………..

1 komentar: